About

header ads

Manajemen Media Massa #1 (Semester 4)

Hasil gambar untuk stmm JPG



Essay
Nama                           : Simbolon, Christon Gunanto
Prodi/Semester            : MIK 4B
NIM                            : 01514146148
Perkembangan Media
Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak dengan media seperti surat kabar, film, radio. Awal masuknya media massa di Indonesia sendiri sekitar tahun 1774 yang pada saat itu berupa surat kabar. Surat kabar di Indonesia pada saat itu dikuasai oleh pihak belanda. Secara singkat ada lima periode surat kabar di Indonesia. Periode pertama ada zaman Belanda, kedua adalah periode zaman Jepang, ketiga adalah zaman Kemerdekaan, keempat adalah zaman orde lama, dan yang kelima adalah zaman orde baru.
Perjalanan panjang surat kabar adalah awal dimana media massa dimulai. Lalu berbagai penemuan bermunculan seperti pemancar suara yang dikembangankan menjadi alat komunikasi yaitu radio. Setelah pemancar suara berkembang muncul lagi teknologi pemancar audio dan visual. Dikembangkan lagi menjadi alat komunikasi yaitu Televisi. Perkembangan pemancar audio dan visual bersamaan juga dengan perkembangan koneksi jaringan komputer atau internet. Terakhir adalah inovasi yang mengkombinasi pemancar audio visual dengan internet ini sebagai media massa terkuat sampai saat ini, contohnya youtube.
Melihat cepatnya perkembangan teknologi tentunya perkembangan media massa di dunia juga berkembang. Sebagai contoh di era modern ini berita mulai memakai sosial media, website dan youtube. Perkembangan media massa saat ini menuju kepada efisiensi tempat dan waktu untuk memperoleh informasi tersebut. Hal tersebut adalah pencapaian yang luar biasa untuk manusia. Semakin cepat informasi diterima maka peluang yang didapatkan akan semakin banyak.
Peluang inilah yang membuat pengaruh media massa memiliki kekuatan yang sangat kuat bagi bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia dapat bertumpu pada kekuatan media massa saat ini. . Namun memang saat ini beberapa masyarakat masih terpengaruh oleh kekuatan media massa yang sifatnya politik demi kekuasaan semata. Adanya hal seperti ini media massa masih menunda gelar negara maju untuk Indonesia. Media yang banyak di Indonesia ini juga merupakan pembagian segmentasi yang membuat masyarakat Indonesia terpecah belah karena media. Jika Indonesia dapat melakukan hal positif menggunakan media massa  maka masyarakat Indonesia bisa berbangga menjadi suatu negara maju di dunia.

Post a Comment

0 Comments